Wagub Cok Ace Harap Harteknas Berikan Kontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi Bali

  • 28 Agustus 2019
  • Dibaca: 91 Pengunjung
Wagub Cok Ace Harap Harteknas Berikan Kontribusi Pada Pertumbuhan Ekonomi Bali

Bali kembali berbangga kerena dipilih sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional Tahun 2019. Untuk itu diharapkan acara yang berlangsung dari tgl 26-28 Agustus 2019 tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Bali terutama dalam bidang kemajuan teknologi informasi dan pengembangan pariwisata. Demikian terungkap dalam sambutan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menghadiri acara Malam Apresiasi Harteknas di Gedung Citta Kelangen-ISI Denpasar, pada Selasa (27/8) malam.

Lebih lanjut, Wagub Cok Ace mengatakan bahwa sektor perekonomian Bali selama ini masih didominasi oleh sektor pariwisata sebesar 40%. Disisi lain, potensi sektor industri kecil dan menengah serta sektor pertanian dalam arti luas di Bali belum optimal mengimbangi sektor pariwisata. Untuk itu, Cok Ace berharap melalui momentum Harteknas ini, seluruh stakeholder terkait dapat mempererat koordinasi dan sinergi dalam rangka menghubungkan teknologi dengan pengembangan sektor ekonomi laiinya di Bali.

Wagub Cok Ace, juga mengatakan bahwa saat ini pembangunan Bali dilaksanakan melalui satu pola satu tata kelola yang terintegrasi secara menyeluruh melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Bali Era Baru. Implementasi dari kebijakan visi tersebut, salah satunya adalah program wifi gratis pada setiap desa di Bali yang bertujuan untuk hilirisasi teknologi serta menjadi akses informasi maupun media untuk mempromosikan dan penjualan produk lokal melalui e-commerce. Untuk itu, dengan Harteknas ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi kemajuan Bali kedepan.

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan bahwa Pemerintah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada pihak-pihak yang berprestasi dan menginspirasi di bidang iptek dan inovasi.  Pemenang yang mendapatkan penghargaan tersebut telah melalui berbagai tahapan penilaian yang dilaksanakan oleh Panitia di Kemenristekditi. Pemenang lomba dan penghargaan pada malam hari ini, yakni: (1) Finalis Anugerah Iptek dan Inovasi untuk 8 kategori, (2) Dosen Berprestasi, (3) Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), (4) Kekayaan Intelektual, (5) Lomba Produk Inovasi Nasional, dan (6) Penulis Artikel, Foto dan Videoblog. Pemberian apresiasi bagi insan iptek dan inovasi bertujuan untuk: menghargai upaya seluruh komponen bangsa dalam menguasai, memanfaatkan dan mengembangkan iptek dan inovasi; sarana koordinasi, kolaborasi dan sinergi antarpemangku kebijakan dan kepentingan nasional dalam rangka meningkatkan semangat dan budaya berinovasi untuk kemajuan bangsa; senantiasa menstimulan daya kreasi dan inovasi anak bangsa agar tetap berperan aktif dan berkontribusi dalam upaya peningkatan daya saing bangsa Indonesia untuk menghadapi dinamika perkembangan global.  Selain itu, pemberihan anugrah dan apresiasi ini adalah bukti nyata dari Pemerintah dalam memberikan motivasi berinovasi bagi komunitas Iptek dan inovasi atas capaian dan prestasi membanggakan anak bangsa.

Pada acara tersebut selain diserahkan penghargaan kepada para pemenang lomba juga diserahkan penghargaan Budhipura Provinsi dan Kabupaten bagi daerah yang berhasil meraih peringkat satu sampai tiga.

  • 28 Agustus 2019
  • Dibaca: 91 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita